close

Cerpen tentang Sampah: Mengubah Kampung Jadi Lebih Asri dan Sehat

Hebat Banget, Nih! Cerpen tentang Sampah yang Menginspirasi Gerakan Pahlawan Lingkungan Seluruh Indonesia!

Di sebuah kampung yang terletak di pinggir kota, ada sekelompok anak-anak yang punya kegemaran unik. Mereka suka mengumpulkan dan mengolah sampah yang berserakan di sekitar kampung mereka. Anak-anak ini diberi nama “Squad Sampah” oleh warga kampung. Mereka terdiri dari Andi, Budi, Cici, Dodi, dan Euis. Mereka selalu bersemangat dan ceria dalam menjalankan misi mereka.

Suatu hari, pas lagi ngumpulin sampah di pinggir sungai, mereka menemukan sebuah pohon yang tumbuh di tengah-tengah tumpukan sampah. Mereka heran karena pohon itu bisa tumbuh di tempat yang nggak sehat. Andi, si pemimpin Squad Sampah, punya ide buat ngerjain proyek baru.

“Eh, guys, gimana kalo kita bikin taman dari sampah yang udah kita kumpulin? Kan kita bisa manfaatin tuh pohon yang tumbuh di tengah sampah tadi buat jadi pohon peneduh di taman kita,” usul Andi.

Semua anggota Squad Sampah setuju dan mulai beraksi. Mereka mulai ngumpulin sampah yang masih bisa dipakai buat bikin taman. Budi, yang pinter ngolah sampah, mulai bikin kursi dari botol plastik bekas. Cici dan Dodi bikin hiasan dari kaleng bekas dan gelas plastik yang udah nggak kepakai. Euis sibuk ngelola tanaman buat ditanam di taman mereka.

Beberapa minggu kemudian, taman dari sampah itu udah jadi. Warga kampung pada kagum sama hasil kerja keras Squad Sampah. Anak-anak yang lain jadi ikutan ngerapiin lingkungan kampung dan mulai sadar buat nggak buang sampah sembarangan.

Taman dari sampah itu jadi tempat favorit buat warga kampung. Anak-anak pada main di sana, ibu-ibu ngobrol santai, bapak-bapak ngadem di bawah pohon peneduh. Taman itu juga jadi inspirasi buat warga kampung buat ngelola sampah dengan lebih baik.

Baca Juga:  Pengertian Konjungsi Dalam Teks Prosedur Dan Peranannya Dalam Menyusun Instruksi

Squad Sampah nggak berhenti di situ aja. Mereka mulai ngajarin warga kampung cara ngelola sampah yang baik dan benar. Mereka bikin program “Sampah Jadi Duit” buat ngajak warga kampung ngumpulin sampah yang bisa dijual ke pengepul.

Kampung itu jadi lebih bersih dan sehat. Semua warga kampung pada senang dan bangga sama Squad Sampah. Mereka jadi pahlawan lingkungan buat kampung mereka. Dari kegiatan mereka itu, mereka ngerasain bahwa nggak ada yang namanya sampah yang nggak berguna. Semua sampah bisa jadi sesuatu yang berguna kalo kita tau cara ngolahnya.

Setelah sukses bikin taman dari sampah dan program “Sampah Jadi Duit”, Squad Sampah jadi semakin dikenal. Bahkan, kabar tentang kegiatan mereka mulai menyebar ke kampung-kampung sekitar. Banyak warga dari kampung lain yang datang buat belajar cara mengelola sampah dari Squad Sampah.

Andi dan kawan-kawan pun kepikiran buat bikin komunitas yang lebih besar lagi. Mereka pengen ngajak anak-anak dari kampung lain buat ikutan jadi anggota “Squad Sampah” di kampung mereka masing-masing. Dengan begini, semakin banyak anak yang terlibat dalam gerakan peduli lingkungan.

Mereka mulai ngadain workshop dan pelatihan buat anak-anak dari kampung sekitar. Di sini, mereka ngajarin cara mengelola sampah, bikin kerajinan tangan dari sampah, dan ngelola taman dari sampah. Anak-anak yang ikutan pelatihan ini pun mulai membentuk “Squad Sampah” di kampung mereka dan mulai mengelola sampah dengan lebih baik.

Tak lama kemudian, gerakan “Squad Sampah” ini jadi viral di media sosial. Banyak orang yang terinspirasi dan pengen ikutan ngerjain proyek serupa. Pemerintah daerah pun ngeliat potensi besar dari gerakan ini dan mulai memberi dukungan. Mereka ngasih bantuan dana dan fasilitas buat ngembangin gerakan “Squad Sampah” ini.

Baca Juga:  Pengertian Dan Karakteristik Deskriptif Teks: Memahami Lebih Mendalam Tentang Jenis Teks Yang Menjelaskan Dengan Rinci

Dengan dukungan pemerintah, gerakan “Squad Sampah” semakin berkembang pesat. Banyak kampung yang udah berhasil berubah jadi lebih bersih dan sehat berkat kerja keras anak-anak “Squad Sampah”. Lingkungan jadi lebih asri dan banyak hewan yang mulai kembali ke habitatnya.

Ternyata, kekuatan anak-anak dalam menjaga lingkungan sangat luar biasa. Semangat dan kreativitas mereka mampu mengubah sampah jadi sesuatu yang indah dan berguna. Gerakan “Squad Sampah” ini membuktikan bahwa nggak ada yang mustahil kalo kita bersatu dan berusaha keras.

Sampai saat ini, “Squad Sampah” terus berkembang dan meluaskan sayapnya ke berbagai daerah di Indonesia. Semua berawal dari keinginan anak-anak kampung buat menjaga lingkungannya. Jadi, mari kita dukung gerakan-gerakan peduli lingkungan seperti “Squad Sampah” ini. Karena dengan menjaga lingkungan, kita juga menjaga kehidupan kita dan generasi yang akan datang.

Konklusi

Akhirnya, gerakan “Squad Sampah” yang dimulai oleh Andi dan kawan-kawan berhasil menciptakan perubahan yang signifikan. Bukan cuma di kampung mereka, tapi juga di banyak kampung lainnya di seluruh Indonesia. Semua orang mulai sadar pentingnya menjaga lingkungan dan mengelola sampah dengan baik.

Anak-anak yang dulu cuma dianggap sebagai anak-anak biasa, kini jadi pahlawan lingkungan yang dihormati dan dicontoh. Mereka berhasil mengubah pandangan banyak orang tentang sampah dan memperlihatkan betapa pentingnya kepedulian terhadap lingkungan.

Kampung-kampung yang dulu kumuh dan penuh sampah, kini berubah jadi kampung yang bersih, asri, dan sehat. Semua warga kampung hidup dengan bahagia dan saling bahu-membahu menjaga kebersihan lingkungan. Bahkan, banyak wisatawan yang datang buat melihat keindahan taman-taman dari sampah yang jadi inspirasi bagi banyak orang.

Keberhasilan “Squad Sampah” membuktikan bahwa semangat, kekompakan, dan kreativitas bisa menciptakan perubahan yang luar biasa. Cerita mereka mengajarkan kita bahwa nggak ada yang namanya sampah yang nggak berguna, asal kita tau cara mengolahnya dengan baik. Jadi, yuk kita jaga lingkungan kita bersama-sama, biar kebahagiaan dan kebersihan selalu menyertai kita semua.

Baca Juga:  Pengertian Dan Cara Mengonstruksi Teks Negosiasi Yang Efektif

Baca Juga: